Rabu, 29 Oktober 2014

PKK AJAK MASYARAKAT TERAPKAN PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT)

JENGUK : Di sela-sela pembinaan ke Dusun-Dusun,
Ketua TP. PKK Kab. Lobar Ny. Hj. Nanik S. Zaini Arony
menyempatkan diri mengunjungi korban kecelakaan
di Dusun Awang Madya Kecamatan Lingsar.



GIRI MENANG-Pembinaan ke dusun-dusun masih terus dilakukan TP. PKK Lombok Barat (Lobar). Beberapa waktu terakhir, mereka juga menggandeng Dharma Wanita dan IISWARA (Ikatan Istri Wakil Rakyat) Setempat.
Baru-baru ini, TP. PKK Lobar yang diketuai Ny. Hj. Nanik Suryatiningsih Zaini Arony mengunjungi Dusun Awang Madya, Desa Giri MAdya, Kecamatan Lingsar. Kunjungan tersebut sekaligus menggenapkan kunjungan mereka yang ke 575 dari 825 dusun di Lobar.
"Ini adalah kampung masyarakat Hindu. Kami disambut baik disana," kata Nanik.
Dikesempatan itu, Nanik kembali mengajak masyarakat untu menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam kehidupan sehari-hari. Cara Hidup semacam ini, menurutnya akan berpengaruh pada cara pandang maupun kualitas hidup masyarakat. termasuk juga mampu menekan pertumbuhan berbagai macam penyakit menular.
Istri Bupati ini juga menekankan peran dan tugas pokok PKK dalam menyokong kemjuan daerah. Selama ini, menurutnya, PKK cenderung masih diremehkan terutama kaum pria yang mengira organisasi ini adalah organisasi perempuan . "Padahal kami adalah mitra untuk membangun program pemerintah," ujarnya.
Disisi lain, dia juga mengulas peran keluarga sebagai komunitas terkecil di masyarakat. Nanik meyakini jika keluarga diberdayakan tentu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Lobar. "Lobar bukan hanya milik Pak Zaini seorang. Satu sama lain harus sama sisi," pesannya.
Pendidikan dalam Keluarga juga dinilainya, sangat penting, Nilai-nilai dasar yang harus ditanamkan sejak dini di keluarga seperti etika, moral dan sopan santun. Orang tua juga harus bisa jadi contoh dan ditokohkan di keluarga.